Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kemamapuan menganalisis opini editorial dengan kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X TKJ SMK Satria Mandiri Pematang Bandar Tahun Pembelajaran 2015/2016. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Yaitu dalam penelitian ini menjelaskan tentang hubungan antar variabel. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa TKJ kelas X SMK Satria Mandiri Pematang Bandar Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari tiga kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian adalah kelas X TKJ1 yang berjumlah 32 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas yaitu untuk mengetahui normal tidaknya data penelitian tiap variabel, uji homogenitas dilakukan untuk mengetahui apakah data penelitian homegen atau tidak, uji lineritas dilakukan untuk mengetahui apakah hubungan variabel bebas dengan variabel terikat bersifat linier dan uji hipotesis dilakukan untuk mengetahui apakah hipotesis dapat diterima atau ditolak dengan menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menganalisis opini editorial siswa kelas X SMK Satria Mandiri Pematang Bandar termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata 79,84 dan Kemampuan Menulis paragraf Argumentasi Siwa Kelas X SMK Satria Mandiri Pematang Bandar termasuk dalam kategori cukup dengan rata-rata 69,84.hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu (6,493 > 1,697) maka hipotesis diterima yaitu terdapat hubungan yang positif antara menganalisis opini editorial dengan kemampuan menulis paragraf argumentasi oleh siswa kelas X SMK Satria Mandiri pematang Bandar tahun pembelajaran 2015/2016.