Daftar Isi:
  • Masalah dalam penenlitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi masih rendah. Oleh sebab itu, Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Air Putih. Sampel penelitian berjumlah 32 orang adalah sampel yang ditetapkan dari sebagian jumlah populasi yang ada, sebanyak 256 orang siswa. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre test and post test design. Dari pengolahan data diperoleh hasil pre test dengan rata-rata 63.59, standar deviasi 7.94, serta lima kategori nilai yakni kategori sangat baik 0%, kategori baik 19%, kategori sedang 28%, kategori kurang 44% dan kategori sangat kurang 9%; sedangkan hasil post-test diperoleh rata-rata 75.15, standar deviasi 8.15, dengan lima kategori nilai yakni kategori sangat baik 19%, kategori baik 41%, kategori sedang 34%, kategori kurang 6%, dan kategori sangat kurang 0%. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 5.69; setelah to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan df = N-1 = 32 – 1 = 31, dari df 31 diperoleh taraf signifikan 5% = 2.03. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 5.69>2.03, hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa media gambar berpengaruh secara posistif sebesar 18.1% terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Air Putih Tahun Pembelajaran