PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN NILAI-NILAI DALAM CERPEN “TIKUS DAN MANUSIA” KARYA JAKOB SUMARDJO OLEH SISWA KELAS XI SMA SWASTA TPI BASILAM TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think-pair-share terhadap kemampuan menemukan nilai-nilai dalam cerpen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta TPI Basilam Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 110 siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas XI-2 yang berjumlah 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Desain penelitiannya adalah one group pre-test post-test design.Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes pilihan berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal. Pertama, kemampuan menemukan nilai-nilai dalam cerpen “Tikus dan Manusia” karya Jakob Sumardjo sebelum menggunakan model pebelajaran think-pair-share oleh siswa kelas XI SMA Swasta TPI Basilam Tahun Pembelajaran 2015/2016 tergolong ke dalam kategori cukup. Kedua, kemampuan menemukan nilai-nilai dalam cerpen “Tikus dan Manusia” karya Jakob Sumardjo setelah menggunakan model pembelajaran think-pair-share oleh siswa kelas XI SMA Swasta TPI Basilam Tahun Pembelajaran 2015/2016 tergolongn ke dalam kategori baik. Ketiga, ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran think-pair-share oleh siswa kelas XI SMA Swasta TPI Basilam Tahun Pembelajaran 2015/2016 terhadap kemampuan menemukan nilai-nilai dalam cerpen “Tikus dan Manusia” karya Jakob Sumardjo oleh siswa kelas XI SMA Swasta TPI Basilam Tahun Pembelajaran 2015/2016. Ini terbukti dari hasil uji t diperoleh nilai thitung> ttabel, yakni 8,57 > 2,04.