PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK MORAL SISWA SMP NEGERI 10 MEDAN T.P 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam membentuk moral siswa SMP Negeri 10 Medan TP 2015/2016. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 10 Medan yang berjumlah 1.111 dan ditambah dengan 8 orang guru Pendidikan Kewarganegaraan dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 10% dari jumlah keseluruhan populasi dengan menggunakan teknik random sampling. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan angket yang berjumlah 20 soal dan diisi oleh responden. Teknik analisis data yang digunakan untuk penelitian ini dengan rumus statistik sederhana (persentase). Hasil yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa guru PKn sangat berperan dalam membentuk moral siswa SMP Negeri 10 Medan yaitu berada diantara 76% - 100%. Usaha guru PKn dalam membentuk moral siswa ialah dengan menerapkan disiplin, kejujuran, kesopanan, taat pada peraturan sekolah dan menghormati orang yang lebih tua maupun teman sebaya. Upaya yang dilakukan guru PKn dalam membentuk moral siswa adalah menjadikan siswa yang bermoral menjadi generasi muda yang berguna bagi bangsa dan Negara.