Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Nilai–Nilai Pancasila Dalam Pembinaan Karakter Siswa Kelas X TKJ SMK Namira Tech Nusantara Medan. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X TKJ yang terdiri dari satu kelas yang jumlahnya 36 orang. Oleh karena itu peneliti mengambil sampel total karena populasi kurang dari 100 orang. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif kuantitatif, yaitu pengukuran data melalui perhitungan ilmiah berasal dari sampel orang–orang yang diminta menjawab atas sejumlah pertanyaan untuk meentukan frekuensi dari persentase tanggapan mereka. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket (questioner) berjumlah 20 soal yang akan diisi oleh responden (sampel). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa penerapan nilainilai Pancasila dapat membina karakter siswa. Siswa tersebut sudah mengetahui dan mengamalkan pengertian, maksud, isi pancasila dan bagaimana menjadikannya sebagai pandangan hidup dan pengendalian diri dari setiap perbuatan dan tindakannya. Terlihat pada sikap dan tindakan yang dilakukan dengan menanamkan nilai karakter dan mematuhi segala peraturan yang ada di sekolah dan juga di lingkungan masyarakat, bangsa dan negara.