Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Guru PPKn dalam membina karakter siswa SMA Negeri 1 Garoga. Karakter merupakan sikap yang dimiliki oleh seseorang yang dapat mencerminkan sikapnya baik atau tidak. Karakter juga merupakan hal yang mendasar dalam diri manusia dan hal inilah yang membedakan manusia dengan makhluk hidup yang lainnya. Dalam pendidikan yang mempunyai tugas pembinaan karakter siswa adalah guru. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif dan metode deskriptif kuantitatif. Dan alat pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Garoga yang berjumlah 200 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu 20% dari semua populasi yang ada yakni 40 siswayang diambil secara acak/random sampling. Adapun hasil penelitian ini adalah guru PPKn sangat berperan dalam pembinaan karakter siswa SMAN 1 Garoga. Guru PPKn selalu berusaha untuk memberikan kepercayaan kepada siswa untuk mengembangkan karakter masing-masing namun dengan penuh pengawasan dan bimbingan guru, memberikan contoh sikap dalam pembinaan karakter yang diterapkan guru PPKn terhadap siswanya baik dalam jam pelajaran maupun luar jam pelajaran dan memberikan contoh sikap religius, tanggungjawab, peduli, sopan dan disiplin.