KONTRIBUSI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DALAM MEMBANGUN BUDAYA KEWARGANEGARAAN(CIVIC CULTURE) SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 15 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kegiatan kepramukaan dalam membangun budaya kewarganegaraan siswa SMA Negeri 15 Medan Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilatarbelakangi atas perlunya mengkaji konsep budaya kewarganegaraan (civic culture) sebagai salah satu domain dari Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Membangun budaya kewarganergaraan dapat dilakukan melalui kegiatan kepramukaan yang diselenggarakan di sekolah. Konsep budaya kewarganegaraan (civic culture) dalam pengembangannya masih dikatakan baru. Kegiatan kepramukaan memiliki tujuan untuk mengembangkan akhlak, moral dan kewajiban warga negara dengan bentuk-bentuk kegiatan yang padu, bermanfaat dan memiliki muatan nilai-nilai kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini dibagi atas data primer dan data sekunder. Data primer didapat narasumber secara langsung di lapangan. Data sekunder didapat dari skripsi, tesis, makalah, jurnal terdahulu yang relevan dan terkait dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Informan dalam penelitian ini, antara lain: Siswa-siswi yang mengikuti kegiatan kepramukaan, Kepala Sekolah, Pembina Pramuka dan Guru Pkn yang berada di sekolah bersangkutan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengumpulan data. Berdasarkan analisis penelitian ini, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan di SMAN 15 Medan dirasakan sudah dapat membangun budaya kewarganegaraan (civic culture) siswa dalam kesehariannya baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Hal ini ditunjukkan dengan sikap dan perilaku setiap anggota Pramuka yang berada di SMAN 15 Medan yang memenuhi setiap substansi dari konsep budaya kewarganegaraan (civic culture) yang terdapat dalam kajian ilmu pengetahuan Pendidikan Kewarganegaraan