Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mengatasi Kenakalan Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 35 Medan. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Medan yang berjumlah 300 siswa dan 1 orang guru PKN kelas VIII dan yang menjadi sample dalam penelitian ini adalah 10% dari jumlah keseluruhan populasi yaitu 32 orang siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket yang berjumlah 15 pertanyaan dan diisi oleh responden. Teknik analisis data yang digunakan untuk penelitian ini dengan rumus statistic sederhana (persentase). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pendidikan karakter melalui Guru PPKn mampu mengurangi kenakalan pada siswa. Hal ini dapat dilihat dari berkurangnya jumlah siswa yang melakukan kenakalan yaitu sekitar 80% siswa dari jumlah sampel yang di teliti tidak lagi melakukan kenakalan disekolah. Adapun keberhasilan ini tidak lepas dari campur tangan guru PPKn dalam mendidik siswa. Guru PPKn memiliki peran yang sangat besar dalam menerapkan pendidikan karakter pada siswa. Guru mengajak siswa untuk menerapakan nilai – nilai karakter seperti cinta tuhan dan segenap ciptaanNya, kemandirian dan tanggung jawab, kejujuran/amanah, hormat dan Santun, Dermawan, Suka menolong, dan kerja sama, percaya diri dan pekerja keras, kepemimpinan dan keadilan, baik dan rendah, toleransi, kedamaian, dan kesatuan