PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA MENGANTISIPASI PERILAKU MENYIMPANG PADA SISWA KELAS X TKJ SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan pendidikan karakter sebagai upaya mengantisipasi perilaku menyimpang pada siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tanjung Pura. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X TKJ yang terdiri dari tiga kelas yang jumlahnya 96 orang. Oleh karena itu peneliti mengambil sampel total karena populasi kurang dari 100 orang. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket (questioner) berjumlah 22 soal yang akan diisi oleh responden (sampel). Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus statistik sederhana yaitu dengan menghitung persentase jawaban responden dalam bentuk tabel tunggal melalui distribusi frekuensi dan persentase. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pendidikan karakter sebagai upaya mengantisipasi perilaku menyimpang pada siswa. Bentuk perilaku yang menyimpang pada siswa SMKN 1 Tanjung Pura yaitu pelanggaran terhadap peraturan sekolah, pelanggaran terhadap kegiatan belajar-mengajar dan pelanggaran teradap etika pergaulan dengan warga sekolah. Pada dasarnya kenakalan pada siswa disebabkan oleh dua faktor utama, yaitu faktor internal pada diri siswa itu sendiri, dan faktor eksternal dalam hal ini faktor lingkungan keluarga serta lingkungan sosial. Dalam hal ini upaya mengatasi perilaku menyimpang pada siswa yaitu guru hendaknya memahami kepribadian siswa secara teliti dan objektif, sehingga dapat dicegah kemungkinan munculnya perilaku menyimpang di kalangan siswa dan berperan aktif dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter siswa dengan melakukan pembiasaan dalam bentuk perilaku dan kegiatan yang mencerminkan dari nilai-nilai pendidikan karakter.