PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP SWASTA MAJU BESITANG
Daftar Isi:
- Penelitian bertujuan untuk: (1) memperoleh perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif, (2) mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil tahap pendefinisian digunakan untuk merancang perangkat pembelajaran, selanjutnya draf hasil rancangan divalidasi dan diuji coba untuk melihat efektivitasnya. Perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif disebarkan ke forum MGMP untuk digunakan saat mempelajari materi lingkaran. Uji coba dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Swasta Maju Besitang. Uji coba I di kelas VIII SMP Swasta Maju Besitang dan uji coba II di kelas VIII SMP Islamiah P.Susu. Dari hasil pengembangan ini diperoleh bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas RPP dengan skor 4,26, Buku Siswa dengan skor 4,50, LKS dengan skor 4,38; (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis, dilihat dari aktivitas siswa dalam batas toleransi yang ditetapkan; (3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketercapaian ketuntasan belajar siswa; (4) persentase peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada uji coba I adalah 15,63% dan pada uji coba 2 18,20 %; dan (4) rata-rata peningkatan disposisi matematis siswa pada uji coba 1 adalah 1,93 poin dan pada uji coba 2 adalah 1,26 poin. Berdasarkan kategori, terdapat peningkatan pada kategori sangat tinggi dan rendah.