PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN SELF-EFFICACY MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK DI SMP N 4 PADANGSIDIMPUAN
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini untuk melihat: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan realistik lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa, (2) Peningkatan self-efficacy siswa yang diajar dengan Pendekatan realistik lebih baik daripada self-efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (3) Interaksi antara pembelajaran dengan gender terhadap kemampuan komunikasi matematis, (4) Interaksi antara pembelajaran dengan gender terhadap self-efficacy siswa, (5) Respon siswa terhadap matematika dengan menggunakan pendekatan realistik. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 1 Padangsidimpuan. Dan dipilih secara acak dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan pendekatan realistik dan kelas kontrol dengan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self-efficacy. Analisis data dilakukan dengan uji ANAVA 2 jalur. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan realistik lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) Peningkatan self-efficacy matematis siswa yang diajar dengan pendekatan realistik lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan gender terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan gender terhadap peningkatan self-efficacy matematis siswa, (5) Respon siswa terhadap matematika setelah belajar dengan pendekatan realistik adalah positif.