Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PPKn dalam menanamkan wawasan kebangsaan guna menghadapi tantangan globalisai. Proses telah membawa kita pada krisis multidimesioanal terkait dengan wawasan kebangsaan Negara kita. Fokus penelitian ini adalah adalah mengetahui Peran Guru PPKn dalam menanamkan wawasan kebangsaan. Adapun metode dalam penelitian yang digunakan peneliti adalah deskrptif kuantitatif bersifat menunjukkan fenomena-fenomena yang terjadi masa sekarang dan masa lampau. Penelitian ini bersifat deskriptif. Metode ini digunakan untuk menggambarkan atau untuk melukiskan keadaan serta objek penelitian berdasarkan fakta-fakta secara apa adanya berdasarkan pengamatan. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah obeservasi, angket dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP Swasta Patumbak Kabupaten Deli Serdang. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 129 siswa yang dibagi dalam 4 kelas, dan yang menjadi sampelnya 20% dari populasi sehingga sampelnya ialah 26 siswa. Berdasarkan teknik analisis data diatas, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PKn berperan dalam menumbuhkembangkan wawasan kebangsaan siswa terutama dalam menghadapi gempuran globalisasi yang banyak mempengaruhi perilku siswa. Teknologi dan Informasi yang memberi ruang kepada siswa untuk melihat berbagai kebudayaan lain dibelahan dunia yang dapat berdampak negatif bagi sikap dan perilaku siswa maka peran guru PKn dalam mengarahkan dan membimbing siswa sangat diperlukan. Sehingga Siswa SMP Swasta PAB 5 Patumbak tidak terpengeruh oleh derasnya arus globalisasi.