PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMK NEGERI 3 MEDAN
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan self efficacy siswa kelas XI SMK Negeri 3 Medan yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah; serta untuk melihat apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan KAM siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan self efficacy siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 3 Medan. Sampel pada penelitian ini adalah 33 siswa kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen dan 33 siswa kelas XI-2 sebagai kelas kontrol melalui metode purposive sampling. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan dengan ANAVA 2 Jalur. Hasil validasi pada tes kemampuan berpikir kritis matematis diperoleh nilai siginifikan rata-rata 0,808, sedangkan nilai reliabilitas tes diperoleh hasil 0,86. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan self efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis matematis dan self efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (2)Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan KAM siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan self efficacy siswa.