Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan/menelaah tentang perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diberi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan pembelajaran langsung, (2) Mendeskripsikan/menelaah tentang perbedaan kemampuan disposisi matematis antara siswa yang diberi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan pembelajaran langsung, (3) Mendeskripsikan/menelaah sejauh mana interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (4) Mendeskripsikan/menelaah sejauh mana interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap disposisi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas X SMA Swasta Kampus FKIP Nommensen Pematangsiantar yang berjumlah 150 siswa, dengan mengambil sampel dua kelas berjumlah 30 siswa. Analisis data dilakukan dengan Anava dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran CTL lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Langsung, (2) Disposisi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran CTL lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Langsung, (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap disposisi matematis siswa.