Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam penerapan nilai-nilai Pancasila untuk membentuk karakter siswa di SMA Negeri 1 Gebang tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan teknik metode penelitian deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMA Negeri 1 Gebang adalah 280 dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 54 orang dengan mengambil 20% dari jumlah populasi dengan menggunakan acak sederhana (Random Sampling). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dan angket yang berjumlah 20 soal dan diisi oleh responden (sampel). Peran guru PPKn dalam Penerapan Nilai-Nilai Pancasila untuk Pembentukan Karakter Siswa di Kelas X SMA Negeri Gebang Tahun Pelajaran 2015/2016 yaitu usaha yang dilakukan guru dalam pembentukan karakter siswa melalui penerapan nilai-nilai Pancasila agar karakter siswa menjadi lebih baik. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa guru PPKn berperan dalam penerapan nilai-nilai Pancasila untuk pembentukan karakter siswa kelas X. Upaya yang dilakukan guru PPKn yaitu mengajak para siswa berprilaku positif yang berhubungan dengan nilai-nilai Pancasila dan karakter