PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA SMA PADA MATERI KIMIA UNSUR TERINTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh penuntun praktikum kimia unsur kelas XII SMA yang layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kimia unsur. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Jenis penelitian merupakan penelitian pengembangan mengacu pada model ADDIE, yang terdiri dari Analysis (analisis), Design (desain), Development (Pengembangan), Implementation (penerapan) dan Evaluation (evaluasi). Penuntun praktikum selanjutnya divalidasi oleh validator ahli yang terdiri dari 2 orang dosen dan 20 orang guru kimia. Uji coba implementasi produk hasil pengembangan dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN ) 3 Medan dengan jumlah sampel sebanyak 10 orang. Teknik pengumpul data menggunakan lembar observasi, angket dan instrument tes objektif dalam bentuk pilihan ganda yang terdiri dari 20 soal. Berdasarkan hasil angket penilaian penuntun praktikum oleh validator ahli diperoleh nilai masing – masing aspek yaitu cakupan praktikum 3,55, sistematika penyajian 3,46, wawasan produktivitas 3,63, keingintahuan 3,36, kecakapan hidup 3,37, desain 3,31 dan bahasa 3,43 yang tergolong dalam kriteria valid dan tidak perlu direvisi sehingga layak untuk dipergunakan dalam pembelajaran. Hasil uji coba menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 57% berada pada kategori sedang yang merupakan penilaian dari ranah kognitif, berdasarkan minat siswa terhadap pembelajaran kimia (afektif) 86% dan keterampilan praktikum siswa (psikomotor) 85,3%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penuntun praktikum kimia unsur terintegrasi model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kimia unsur.