Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbasis kolaboratif dengan menggunakan media Microsoft Frontpage terhadap motivasi belajar siswa. (2) Mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbasis kolaboratif dengan menggunakan media Microsoft Frontpage terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas XI di SMK Negeri Taman Fajar Peureulak terdiri dari 5 kelas tahun ajaran 2015/ 2016. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel penelitian dalam ini diambil dua kelas, kelas eksperimen yaitu kelas yang diajarakan dengan menggunakan model problem based learning berbasis kolaboratif dengan menggunakan media microsoft frontpage yaitu kelas XI-1 dan kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori yaitu kelas XI-2 dengan jumlah sampel 80 siswa. Instrumen penelitian ini berupa tes hasil belajar dan angket motivasi belajar. Telah dilakukan uji persyaratan berupa uji normalitas dan homogenitas, yang diperoleh hasil bahwa data normal dan homogen. Teknik analisa data dilakukan dengan Independent Samples Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Rata-rata nilai motivasi k e l a s eksperimen yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning berbasis kolaboratif dengan media Microsoft Frontpage lebih tinggi yaitu = 93, dibandingkan kelas kontrol yang diajarakan dengan model pembelajaran ekspositori yang rata-rata nilai = 91,32.(2) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning berbasis kolaboratif dengan media Microsoft Frontpage menunjukan harga signifikan sebesar 0,039 sehingga 0,039 < α (0,05) dan thitung (2,097 > 1,997) yang berarti Ada pengaruh model Problem Based Learning berbasis kolaboratif dengan menggunakan media Microsoft Frontpage terhadap hasil belajar siswa sehingga Ha diterima.