Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menemukan unsur intrinsik hikayat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen terhadap kemampuan menemukan unsur intrinsik hikayat Panji Kuda Semirang oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bintang Bayu Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dlaksanakan di SMA Negeri 1 Bintang Bayu Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bintang Bayu yang berjumlah 113 orang siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 36 orang siswa yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling (acak kelas) dan instrumen yang digunakan untuk menjaring data dalam penelitian ini adalah instrumen objektif yang berbentuk pilihan berganda. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen.Hasil penelitian ini menunjukan tiga hal. Pertama, kemampuan awal siswa menemukan unsur intrinsik hikayat Panji Kuda Semirang tergolong dalam kategori cukup. Kedua, kemampuan siswa menemukan unsur intrinsik hikayat Panji Kuda Semirang setelah memperoleh pembelajaran dengan model teams games tournemen tergolong kedalam kategori baik. Ketiga, pada taraf signifikansi 5% model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournemen mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemempuan menemukan unsur intrinsik hikayat Panji Kuda Semirang oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bintang Bayu Tahun Pembelajaran 2013/2014