PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan menulis teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Medan. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one gruop pre-test post-test design yaitu model eksperimen yang melibatkan perlakuan berbeda terhadap satu kelas yang sama.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Medan yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 261 siswa. Berdasarkan jumlah populasi tersebut maka ditetapkan sampel sebanyak 38 siswa. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan menggunakan sampel bertujuan atau purposive sample. Instrumen atau alat pengumpul data yang digunakan adalah tes esai.Berdasarkan hasil pengolahan data yang diperoleh, data pre-test memperoleh rata-rata sebesar 52,97 dan standar deviasi sebesar 8,28 sedangkan data post-test memperoleh rata-rata sebesar 81,55 dan standar deviasi sebesar 7,43. Berdasarkan uji normalitas data pre-test diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0,12 < 0,14 maka dapat dinyatakan bahwa data pre-test berdistribusi normal. Sedangkan uji normalitas yang dilakukan pada data post-test diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0,13 < 0,14 hal ini menunjukkan bahwa data post-test berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas variabel penelitian diperoleh nilai Fhitung < Ftabel pada taraf signifikansi α = 0,05 yaitu 1,42 < 1,76, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sampel homogen.Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan maka diperoleh to sebesar 15,70 setelah to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan dk = (n-1) = 38-1= 37, dari dk 37 diperoleh ttabel pada taraf signifikansi 5% = 2,026. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 15,70 > 2,026, maka hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti model pembelajaran kooperratif tipe think pair share berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis teks berita.