Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran penemuan (discovery learning) Terhadap Kemampuan Memahami Teks Biografi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tigapanah sebanyak 255 dan sampel diambil secara acak sebanyak 35 orang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksprerimen dengan desain one group pre test post test design. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif. Nilai rata-rata pre test 66,06, sedangkan post test 76,85. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata memahami teks biografi siswa setelah perlakuan lebih tinggi daripada nilai sebelum perlakuan.Pengujian hipotesis thitung = 2,65 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% = 1,99. Karena thitung = 2,65 > ttabel = 1,99 maka hipoteis nihil (H0) ditolak. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran penemuan (discovery learning) berpengaruh terhadap kemampuan menmahami teks biografi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigapanah.