Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan mengonversi teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur dan kaidah teks siswa kelas X SMK Multi Karya Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini berjumlah 259 siswa SMK Multi Karya. Sampel diambil secara Porpuse sampling, yaitu kelas eksperimen 25 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrument yang digunakan untuk menjaring data adalah tes esei. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji . Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa, kemampuan mengonversi teks prosedur kompleks menjadi naskah drama setelah menggunakan model inkuiri pada siswa kelas X SMK tahun pembelajaran 2014/2015 adalah baik dengan nilai rata-rata 75. Kemampuan mengonversi teks prosedur kompleks menjadi naskah drama sebelum dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri pada siswa kelas X SMK Multi Karya tahun pembelajaran 2014/2015 adalah cukup dengan nilai rata-rata 62. Selanjutnya, hasil uji diperoleh nilai t_o = 8,83. Setelah dikonsultasikan dengan t_tabel pada taraf signifikansi â 0,05 = 2,06 dengan dk = N – 1= 24, karena t_o > t_tabel yaitu 8,83 > 2,06 maka hipotesis nihil ( H_o) ditolak dan hipotesis alternatif (H_a) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Inkuiri berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan mengonversi teks prosedur kompleks menjadi naskah drama.