HUBUNGAN PENGUASAAN ASPEK KOHESI DAN KOHERENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan penguasaan kohesi terhadap menulis teks eksplanasi, hubungan penguasaan koherensi terhadap menulis teks eksplanasi serta bagaimana hubungan penguasaan kohesi dan koherensi terhadap menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas VII SMP N 3 Perbaungan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 3 Perbaungan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 211 orang siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan cara random sampling yaitu kelas VII-3 yang berjumlah 32 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ex post facto. Data penguasaan aspek kohesi dan koherensi siswa dijaring dengan menggunakan tes objektif yang valid sebanyak 20 soal dan 1 tes essay untuk menjaring kemampuan menulis teks eksplanasi siswa. Sebelum dilakukan pengujian data, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka data berdistribusi normal dan linier. Dari hasil analisis regresi linier ganda antara variabel kemampuan menulis teks eksplanasi siswa atas penguasaan aspek kohesi (X1) dan penguasaan aspek koherensi (X2) diperoleh persamaan linier Ŷ = 40.19 +0,029X1 + 0,33X2. Artinya aspek kohesi dan aspek koherensi berhubungan positif terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa. Maka apabila penguasaan aspek kohesi dan koherenasi siswa meningkat maka nilai hasil menulis siswa juga semakin baik.