PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MEMERANKAN WATAK TOKOH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KUALUH HULU KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Quantum Teaching terhadap kemampuan memerankan watak tokoh siswa kelas XI SMA negeri Kualuh Hulu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA negeri 1 Kualuh Hulu dengan jumlah 318 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 siswa yang diambil secara homogen dengan teknik sample purposing . Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penilaian unjuk kerja.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya Quasi eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji . Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre-test = 60.65, standar deviasi = 9,01 digolongkan pada kategori baik = 29,55% dan kategori cukup = 70,45%. Nilai rata-rata post-test =81,43 standar deviasi = 8,7 dan dikategorikan pada kategori sangat baik = 47,73% dan kategori baik = 25% dan kategori cukup = 27,27%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahui t0 sebesar 10,8 Setelah to diketahui kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan 5% dan dengan df= N-1 = 44-1. Dari = 43 diperoleh taraf signifikan 5%= 2.30. karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 12.98 >2.30, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Quantum Teaching berpengaruh positif terhadap kemampuan mempresentasikan hasil penelitian siswa kelas XI SMA negeri 1 Kualuh Hulu tahun pembelajaran 2014/2015.Kata Kunci : Pengaruh, Model Quantum Teaching, Memerankan Watak Tokoh