PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA
Main Author: | Simanjuntak, Mariati Purnama |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/1260/ http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/2155/2249 |
Daftar Isi:
- Telah dikembangkan suatu model pembelajaran fisika berbasis problem solving yang dapat meningkatkan kemampuan metakognisi dan pemahaman konsep mahasiswa. Model ini dikembangkan dengan metode R and D melalui langkah-langkah 4-D, yaitu: define, design, develop, and disseminate. Subyek dalam implementasi model adalah mahasiswa pendidikan fisika pada salah satu perguruan tinggi di Medan tahun ajaran 2010/2011 yang terdiri dari 50 orang. Metode yang digunakan dalam implementasi model adalah kuasi eksperimental dengan desain randomized control group pretest-postest design. Data kemampuan metakognisi dikumpulkan dengan tes berbentuk uraian dan data pemahaman konsep dikumpulkan dengan tes berbentuk pilihan berganda. Data dianalisis dengan menggunakan nilai gain yang dinormalisasi, N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis problem solving dapat meningkatkan kemampuan metakognisi dan pemahaman konsep mahasiswa pada topik Kinematika Partikel, termasuk dalam kategori sedang