PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 11 MEDAN T.A. 2014/2015
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gerak lurus kelas X semester I SMA Negeri 11 Medan T.A. 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA semester ganjil SMA Negeri 11 Medan terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X MIA 3 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X MIA 4 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 40 siswa ditentukan dengan cluster random sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa uraian dengan jumlah soal 10 item yang telah divalidkan. Melalui uji hipotesis satu pihak diperoleh bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gerak lurus kelas X semester I SMA Negeri 11 Medan T.A. 2014/2015.