PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 5 MEDAN T.P. 2011/2012
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok sistem reproduksi pada manusia yang dilakukan di kelas XI IPA SMA 5 Negeri Medan tahun pembelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Medan yang terdiri dari 10 kelas. Sampel diambil secara acak dan diperoleh sampel untuk kelas eksperimen (XI IPA8) sebanyak 39 siswa dan kelas kontrol (XI IPA9) sebanyak 39 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 30 soal yang sudah divalidasi terlebih dahulu.Hasil analisis data menunjukkan pretes kelas eksperimen (32,23±10,89) dan pretes kelas kontrol (31,25±12,58) setelah dilakukan uji- t dengan taraf signifikan =0,05 , maka diperoleh thitung =0,36 < ttable = 1,994. Karena thitung < ttable sehingga dapat diketahui bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan awal siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Sedangkan postes kelas eksperimen (74,82±11,36) dan postes kelas kontrol (66,35±12,83). Setelah dilakukan uji- t diperoleh thitung = 3,08 dan ttable = 1,664. Karena thitung > ttable sehingga dapat diketahui bahwa hasil belajar biologi siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.Hasil studi ini mengimplikasikan keberhasilan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) pada materi sistem reproduksi pada manusia, sehingga perlu dipertimbangkan untuk mengaplikasikan model pembelajaran ini dalam pembelajaran materi lain terutama materi dengan karakteristik yang membutuhkan pemahaman.