Integrasi Konsep Pengarusutaman Gender (PUG) dalam Materi Diklat Prajabatan dan Diklat Kepemimpinan di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat
Main Authors: | Kurniasih, Asih, Wijaya, Hesti Rukmiati, Wahyuningsih, Sri |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Pascasarjana Universitas Brawijaya
, 2013
|
Online Access: |
https://ijws.ub.ac.id/index.php/ijws/article/view/95 |
Daftar Isi:
- Integrasi Konsep Pengarusutamaan Gender (PUG) Dalam Materi Diklat Prajabatan dan Diklat Kepemimpinan pada Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Kalimantan Barat sangat dibutuhkan, pemahaman tentang konsep PUG diharapkan membawa perubahan yang positif bagi terciptanya program dan kebijakan pembangunan yang berwawasan gender. Permasalahan pokok dalam penelitian ini yaitu, 1), faktor-faktor penghambat terintegrasinya konsep PUG dalam materi Diklat Prajabatan dan Diklat Kepemimpinan; 2), cara mengintegrasikan konsep PUG dalam materi Diklat Prajabatan dan Diklat Kepemimpinan. Penelitian ini merupakan penelitian berwawasan gender dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain melalui observasi, dokumentasi, wawancara mendalam, dan Focus Group of Discussion (FGD). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode Analisis Isi (Content Analysis) dan Model Analisis ProBA (Problem Based Approach) atau Analisis Berbasis Masalah. Dari hasil penelitian menunjukkan Hasilnya adalah gender belum menjadi salah satu mata diklat yang berdiri sendiri di dalam kurikulum Diklat Prajabatan maupun Diklat Kepemimpinan. Ditemukan bias gender pada contoh-contoh kasus untuk bahan latihan dan ilustrasi/gambar yang disajikan. Mengatasi permasalahan tersebut diusulkan 2 (dua) buah model penerapan konsep PUG berupa modul tambahan atau sisipan yang selanjutnya disebut sebagai Supiemen Materi. Suplemen MateriI untuk Diklat Prajabatan Golongan I, II dan lll sedangkan Suplemen Materi ll untuk Diklat Kepemimpinan Tingkat III dan lV.