Pengendalian Sudut Pitch dan Roll Pesawat Flying Wing
Main Author: | Susanto, Try |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Udayana
, 2022
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/93224 https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/93224/47400 |
Daftar Isi:
- Perkembangan dunia penerbangan beberapa tahun ini mengalami peningkatan yang, salah satunya bidang pesawat tanpa berawak atau unmanned aerial vehicle. Perkembangan tersebut seiring dengan meningkatnya penggunaan UAV diberbagai bidang, diantaranya yaitu untuk misi militer, misi pemantauan bencana alam, dan misi foto udara. Banyak jenis pesawat yang dapat digunakan untuk menyelesaikan misi-misi tersebut, salah satu jenis pesawat pesawat yang banyak digunakan adalah pesawat tipe flying wing. Pesawat dengan tipe ini bentuknya segitiga dan tidak memiliki ekor. Pengendali pesawat ini menggunakan elevon pada sisi kanan kiri sayapnya, dan bentuk nya relative kecil, sehingga pesawat ini rentan terhadap gangguan lingkungan dan menyebabkan kegagalan misi penerbangan. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diperlukan sebuah sistem kendali yang mampu membuat pesawat mempertahankan stabilitas terbang. Dalam penelitian ini diterapkan metode kendali Linier Quadratic Regulator untuk mengatasi hal tersebut. Metode kendali LQR digunakan untuk mengendalikan sudut pitch dan roll pada pesawat. Berdasarkan hasil pengujian, gangguan yang diberikan mampu diatasi dengan baik oleh pesawat. Terbukti ketika diberikan gangguan, pesawat mengalami overshoot sebesar 4,24o pada sudut pitch dan 4,26o pada sudut roll, namun dapat dengan cepat kembali ke setpoint dalam waktu 1,2 detik pada sudut pitch, dan 1,3 detik pada sudut roll. Dengan demikian pesawat mampu mempertahankan stabilitas terbangnya.
- The development of the aviation world in recent years has increased, one of which is the field of unmanned aerial vehicles. This development is in line with the increasing use of UAVs in various fields, including for military missions, natural disaster monitoring missions, and aerial photography missions. Many types of aircraft that can be used to complete these missions, one type of aircraft that is widely used is the flying wing type aircraft. This type of aircraft is triangular in shape and does not have a tail. This aircraft controller uses elevons on the right and left sides of its wings, and its form is relatively small, so this aircraft is susceptible to environmental disturbances and causes flight mission failures. To overcome this problem, a control system is needed that is able to make the aircraft maintain flight stability. In this study, the Linear Quadratic Regulator control method was applied to overcome this. The LQR control method is used to control the pitch and roll angles of the aircraft. Based on the test results, the interference given can be handled well by the aircraft. It was proven that when given a disturbance, the aircraft experienced an overshoot of 4.24o at the pitch angle and 4.26o at the roll angle, but could quickly return to the setpoint within 1.2 seconds at the pitch angle, and 1.3 seconds at the roll angle. Thus the aircraft is able to maintain flight stability.