Literature Review Analisis Perilaku Pelanggan Menggunakan RFM Model
Main Authors: | Wicaksana, Putu Aryasuta, Swamardika, Ida Bagus Alit, Hartati, Rukmi Sari |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Udayana
, 2022
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/76855 https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/76855/45096 |
Daftar Isi:
- Intisari— Data merupakan aset bagi setiap perusahaan, utamanya adalah Data Pelanggan. Pengolahan data pelanggan selanjutnya dapat disebut sebagai Data Mining. Ketatnya persaingan industri saat ini membuat perusahaan harus cermat didalam mengolah data pelanggan mereka, salah satunya pengolahan data pelanggan untuk operasi CRM. Dimana tujuannya adalah untuk dapat mengenali pelanggan dengan menganalisis perilaku pelanggan. Sehingga ini dapat menjadi suatu investasi bagi perusahaan. Perilaku pelanggan dapat diramalkan dengan menggunakan RFM model. Dan pada penelitian ini penulis melakukan literature review mengenai implementasi RFM Model pada data mining didalam membantu perusahaan untuk lebih memahami pelanggan mereka. Dari hasil review yang dilakukan RFM model pada rentang Tahun 2016 – 2021 lebih banyak dikombinasikan dengan teknik data mining yaitu algoritma clustering, dimana tujuannya adalah untuk mengelompokkan atau melakukan segmentasi pelanggan. Dan dari hasil review penulis juga memformulasikan riset yang dapat dilakukan, yaitu mengkombinasikan RFM model dengan metode TOPSIS.
- Abstract— Data is an asset for every company, especially Customer Data. Processing of customer data hereinafter can be referred to as Data Mining. The current tight competition in the industry makes companies have to be careful in processing their customer data, one of which is processing customer data for CRM operations. With the aim of recognizing customers by analyzing customer behavior. So this can be an investment for the company. Customer behavior can be predicted using the RFM model. And on this occasion, the author conducts a study on the implementation the RFM Model in data mining in helping companies to better understand their customers. From the results of the review, the RFM model in the 2016-2021 range, it is more combined with data mining techniques, namely the clustering algorithm, where the goal is to group or segment customers. And from the results of the review, the author also formulates research that can be done, namely combining the RFM model with the TOPSIS method.