Analisa Penggunaan WebRTC dan Websocket pada Real Time Multiplayer Online Game Tradisional Ceki
Main Authors: | Prathama, Gede Humaswara, Ary Esta Dewi Wirastuti, Ni Made, Divayana, Yoga |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Udayana
, 2019
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/43417 https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/43417/29225 |
Daftar Isi:
- Ceki is one of the traditional card games that has been quite popular in Malaysia, Singapore and Indonesia. In Bali the game of ceki has become a tradition, where the game is played when there is community activity. Multiplayer online games are one way to introduce and develop traditional games to be more interesting to play. The problems that are often faced to develop multiplayer online games include the latency problems that are different from each player so that it can interfere with games from other players who have better latency. In this study, a real time multiplayer online game will be built to play traditional games. discussing how the rules of traditional games obtained from the rules of the Balinese game will be applied to the game engine from online multiplayer games, how to implement online game multiplayer architecture on client-server and peer to peer web-browsers. The focus of this research is on the performance of the use of websocket and webRTC on latency and bandwidth usage for data synchronization that supports real time multiplayer online games based on peer to peer. The results obtained from this study see the average latency needed to synchronize data between websocket compared to webRTC is very significant. The number of players has no effect on latency in both websocket and webRTC.
- Ceki adalah salah satu permainan kartu tradisional yang pernah cukup popular di Malaysia, Singapura dan Indonesia. Di Bali permainan ceki sudah menjadi tradisi, dimana permainan ceki dimainkan saat adanya kegiatan masyarakat. multiplayer online games adalah salah satu cara untuk mengenalkan dan mengembangkan games tradisional menjadi lebih menarik untuk dimainkan. Permasalahan yang sering dihadapi untuk mengembangkan multiplayer online game diantaranya adalah permasalahan latency yang berbeda dari masing-masing pemain sehingga bisa mengganggu permainan dari pemain lain yang memiliki latency lebih baik. Pada penelitian ini akan dibangun real time multiplayer online game untuk memainkan permainan tradisional ceki. membahas bagaimana aturan-aturan dari permainan tradisional ceki yang didapat dari aturan permainan masyarakat Bali akan diterapkan pada game engine dari multiplayer online game, bagaimana implementasi arsitektur multiplayer online game pada web-browser yang berbasis client-server dan peer to peer. Fokus dari penelitian ini adalah pada performansi dari penggunaan websocket dan webRTC terhadap latency dan penggunaan bandwidth untuk sinkronisasi data yang mendukung real time multiplayer online game berbasis peer to peer. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini dilihat rata-rata latency yang dibutuhkan untuk sinkronisasi data antara websocket dibandingkan dengan webRTC sangat signifikan. Jumlah pemain tidak berpengaruh pada latency baik pada websocket maupun webRTC.