KAJIAN POTENSI IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DI LINGKUNGAN POLITEKNIK NEGERI BALI

Main Author: Wisswani, Ni Wayan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Udayana , 2012
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/1771
https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/1771/1257
Daftar Isi:
  • Politeknik Negeri Bali (PNB) sebagai salah satu institusi elemen pendidikan juga layaknya sebuah perusahaanyang selalu harus menjaga kepuasan para stakeholdernya. Salah satu cara terkini untuk memuaskan stakeholderadalah dengan penerapan Customer Relationship Management (CRM) berbasis komputer online. ImplementasiCRM, sebagai suatu teknologi yang akan membantu melakukan manajemen hubungan pelanggan dan institusi, akandapat membantu Politeknik Negeri Bali untuk menambah jumlah stakeholder baru, meningkatkan hubungan denganpara stakeholder yang telah ada dan mempertahankannya. Hal tersebut tentu saja dapat menjadi sebuah cara agarPNB dapat memenangkan persaingan antar perguruan tinggi negeri lainnya. CRM dapat membantu PNB mengenalitreatment apa yang tepat yang akan membuat perolehan informasi yang diperlukan para stakeholder menjadi mudah,cepat dan detil sesuai dengan harapan dan kebutuhan para stakeholder.