PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DIPADUKAN DENGAN TIPE TALKING STICK UNTUK KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TEUNOM KABUPATEN ACEH JAYA
Main Author: | DEVI DARMIYANTI |
---|---|
Format: | |
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=81105 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKDarmiyanti, Devi. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Facilitator and Explaining dipadukan dengan tipe Talking Stick Untuk keaktifan belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri1Teunom Kabupaten Aceh Jaya. Skripsi Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:(1)Drs. Mawardi, M.Hum., M.A.(2) Nurasiah, S.Pd., M.PdKata Kunci : Students Facilitator and Explaining, Talking Stick, Keaktifan, SMP Negeri 1 TeunomSalah satu upaya mengatasi masalah kurangnya keaktifan belajar siswa adalah dengan penerapkan model pembelajaran kooperaif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining dipadukan dengan tipe Talking Stick untuk keaktifan belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Teunom. Metode Penelitian ini ialah kualitatif dengan jenis penelitian deskripstif. Subjek penelitian ialah siswa kelas VIII b yang berjumlah 24 orang siswa, diambil berdasarkan referensi guru mata pelajaran IPS, dengan mempertimbangkan keadaan siswa kelas tersebut yang kurang aktif sehingga memungkin untuk peneliti memeproleh data. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi. Berdasarkan hasil analisis data lembar observasi diketahui bahwa siswa dapat terlibat secara aktif, hal ini dibuktikan dengan pencapaian indikator keaktifan belajar siswa yang telah ditetapkan dan mencapai tujuan pembelajaran. Secara keseluruhan dikelas penelitian tingkat keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPS sebesar 78% kecenderungan 78 ? 60 yang termasuk kedalam kategori sangat tinggi. Dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining dipadukan dengan Talking Stick dapat meningkatkan keaktfan belajar IPS siswa kelas VIII b SMP Negeri 1 Teunom, Aceh Jaya.