MENGEMBANGKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI PENERAPAN MODEL SENTRA DAN LINGKARAN DI TK IT MON KUTA BANDA ACEH
Main Author: | MUTIAWATI |
---|---|
Format: | |
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=80112 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Mutiawati. 2020. Mengembangkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini melaluiPenerapan Model Sentra dan Lingkaran di TK IT Mon Kuta Banda Aceh.Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruandan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Bahrun, M.Pd. (2) Siti Naila Fauzia, M.Pd. Kata kunci: Perilaku Prososial, Model Sentra dan Lingkaran, Anak Usia Dini. Perilaku prososial merupakan perilaku yang dimiliki oleh seseorang untukberbuat baik kepada orang lain yaitu menolong tanpa meminta imbalan, berbagikepada orang lain, saling bekerja sama, dan memiliki rasa kasih sayang yang tinggikepada orang lain. Model sentra dan lingkaran adalah suatu pembelajaran PAUD yangberfokus pada anak yang dalam proses pembelajarannya berpusat di sentra main dansaat anak dalam lingkaran. Hasil observasi yang telah dilakukan di TK IT Mon KutaBanda Aceh terdapat 8 orang anak belum terlihat perilaku prososial. Terdapat anakyang sedang bermain lalu terjatuh, belum ada anak lainnya yang mau membantu sertabelum ada anak yang bisa memahami perasaan temannya. Anak juga belum bisamengerti apa yang temannya inginkan ketika temannya yang lain telah lama menunggugiliran untuk memainkan alat permainan yang telah dipakainya. Tujuan penelitian iniuntuk mengetahui dan memperbaiki perkembangan perilaku prososial anak 5-6 tahunmelalui model sentra dan lingkaran. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatifdengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data berupaobservasi dan unjuk kerja. Subjek dalam penelitian ini adalah anak TK B di TK ITMon Kuta Banda Aceh tahun ajaran 2018/2019, yang berjumlah 8 orang anak yangterdiri dari 6 anak laki-laki dan 2 anak perempuan. Hasil penelitian menunjukkandengan menerapkan model sentra dan lingkaran dapat mengembangkan perilakuprososial anak usia 5-6 tahun dengan maksimal dalam waktu 6 kali pertemuan yangterbagi masing-masing dalam III siklus. Model sentra dan lingkaran sangat tepat dansangat direkomendasikan untuk diterapkan di PAUD terutama di jenjang TK gunamengembangkan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun dengan baik.