PERBANDINGAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP MAMPLAM 1 DAN MAMPLAM 2 DENGAN POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014

Main Author: azura
Format: Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Keperawatan , 2014
Subjects:
Online Access: http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=7949
Daftar Isi:
  • Kepuasan pasien merupakan tingkat perasaan pasien yang ditimbulkan dari pelayanan yang baik setelah pasien membandingkan antara kenyataan dengan harapannya. Beberapa hasil penelitian menyatakan bahwa kepuasan pasien masih cukup rendah terhadap kualitas pelayanan keperawatan dirumah sakit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perbandingan kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan di ruang mamplam 1 dan mamplam 2 dengan ruang poliklinik penyakit dalam RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh tahun 2014. Jenis penelitian ini adalah deskriptif comparative dengan menggunakan desain cross sectional study. Teknik dalam penelitian ini adalah quota sampling dengan jumlah sampel sebanyak 154. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara terpimpin. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisa data dengan menggunakan analisa univariat. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan uji statistik melalui uji independen t-test didapatkan p=0,342 yang menyatakan tidak ada perbedaan kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan di ruang rawat inap mamplam 1 dan mamplam 2 dengan poliklinik penyakit dalam RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh tahun 2014. Disarankan bagi rumah sakit agar meningkatkan kinerja perawat agar pasien lebih mendapatkan pelayanan keperawatan yang lebih baik.
  • Banda Aceh