PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SPICS (STUDENT CENTERED, PROBLEM BASED, INTEREST, CONFIDENT AND SATISFACTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMA NEGERI 1 PINTU RIME GAYO, BENER MERIAH

Main Author: Nurhadijah
Format:
Terbitan: Fakultas KIP , 2020
Online Access: http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=78042
Daftar Isi:
  • Kata kunci: SPICS, Klasifikasi Makhluk Hidup dan Hasil BelajarTelah dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran SPICS (Student Centered, Problem Based, Interest, Confident and Satisfaction) pada bulan September sampai dengan November tahun 2018 yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran SPICS terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup di SMAN 1 Pintu Rime Gayo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian (Quasi Experimental) dengan desain Pretest-Posttest Non Equivalent Control Group Desing. Parameter yang diukur dalam penelitian ini berupa hasil belajar siswa, kemudian data tersebut dianalisis dengan membandingkan skor rata-rata pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunujukkan bahwa penerapan model pembelajaran SPICS (student centered, problem based, interest, confident and satisfaction) berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup di SMA N 1 Pintu Rime Gayo.
  • Banda Aceh