ANALISIS POLA DISTRIBUSI DAN MARGIN PEMASARAN HASIL TANGKAPAN IKAN DI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) UJONG BAROH, KABUPATEN ACEH BARAT
Main Author: | QORAELLA HASRI |
---|---|
Format: | |
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=76656 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Pola distribusi hasil tangkapan ikan yang terjadi di PPI Ujong Baroh belum maksimal,karena banyaknya pihak-pihak yang terkait dalam kegiatan pemasaran. Tujuan yang ingindicapai dalam penelitian ini yaitu mengetahui pola distribusi hasil tangkapan ikan yang terjadidi PPI Ujong Baroh dan pola distribusi yang efesien dalam melakukan sistem pemasarandengan mengetahui margin yang diterima. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitumetode survei dengan teknik pengumpulan data purposive sampling. Analisis data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis margin pemasaran.Analisis deskriptif yang digunakan untuk menggambarkan pola distribusi yang terjadi di PPIUjong Baroh. Analisis margin pemasaran digunakan untuk mengukur keuntungan masingmasingpelakuyangterlibatdalampoladistribusiikan.Hasildaripenelitianinidiperoleh2poladistribusi yang terjadi di PPI Ujong Baroh. Pola distribusi pertama, nelayan ke tokebangku ke pedagang besar ke pedagang pengecer ke konsumen; kedua, nelayan ke toke bangkuke pedagang pengecer ke konsumen. Kedua pola distribusi yang terjadi di PPI Ujong barohsudah tepat dikarenakan pola tersebut mendapatkan nilai margin pemasaran < 50% dan nilaifisherman share > 50%, dimana pola distribusi tersebut sudah tergolong efisien. Pihak yangdiuntungkan dari kedua pola distribusi tersebut adalah toke bangku hal dikarenakanmendapatkan persenan dari hasil penjualan sebesar 7%.Kata Kunci: Hasi tangkapan, Pola distribusi, Margin Pemasaran.