PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH
Main Author: | Silvya Anggrainy |
---|---|
Format: | |
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=72672 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAnggrainy, Silvya. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching andLearning Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil BelajarGeografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan PendidikanGeografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.Pembimbing:(1) H.Daska Azis, S.Pd,MA (2) Drs. Thamrin K, M,SiKata Kunci: Penerapan, Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan MediaAudio Visual, Hasil Belajar, XI IPSDalam suatu kegiatan belajar mengajar haruslah memiliki sesuatu hal yang dapatmeningkatakan hasil belajar siswa dan keterampilan guru dalam suatu pembelajaransehingga mendapatkan hasil yang memuaskan maka dari itu peneliti menerapkan ModelPembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Audio Visual untukmenjawab tatangan tersebut dikarenakan model pembelajaran Contextual Teaching andLearning Berbantuan Media Audio Visual merupakan satuan kegiatan belajar yangmelibatkan kemampuan sisiwa dituntut untuk menangkap hubungan antara pengalamanbelajar di sekolah dengan kehidupan nyata. Penelitian ini berupa PTK yang bertujuanuntuk mengetahui peningkatan dari hasil belajar, aktivitas, keterampilan guru dan responsiswa. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 9 Banda Acehyang berjumlah 28 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1)Analisis pre-test dan post-test; (2) Lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa; (3)Lembar pengamatan keterampilan guru dan (4) Angket respon siswa. Analisis datamenggunakan statistik deskriptif persentase. Dengan hasil sebagai berikut (1) Persentaseketuntasan secara individual meningkat dari 35% pada siklus I menjadi 61% pada siklusII dan 82% pada siklus III. Persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 50% padasiklus I menjadi 62,5% pada siklus II dan 87,5% pada siklus III. (2) Jumlah aktivitasguru dan siswa meningkat dari 6 aktivitas sesuai pada siklus I menjadi 8 aktivitas sesuaipada siklus II dan 10 aktivitas sesuai pada siklus III. (3) Keterampilan guru dalammengelola pembelajaran meningkat dari skor 2,48 dengan kategori sedang pada siklus Imenjadi 2,85 dengan kategori baik pada siklus II dan 3,37 dengan kategori baik padasiklus III. (4) Respon siswa pada umumnya menyatakan setuju bahwa penerapan modelpembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Audio Visualsangat menyenangkan dan membantu siswa dalam memahami materi pelajaran.Berdasarkan hasil belajar siklus I, II, dan III maka dapat dikatakan bahwa penerapanmodel pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Audio dapatmeningkatkan hasil belajar siswa.