PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MASALAH OPEN ENDED PADA MATERI TEORI KINETIK GAS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH

Main Author: ZAHRA
Format:
Online Access: http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=71626
Daftar Isi:
  • Model pembelajaran problem based learning merupakan salah satu model pembelajaran untuk memecahkan suatu masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah. Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara dengan guru dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika siswa masih belum memuaskan, hal ini dapat dilihat dari tingkat ketuntasan yang dicapai siswa dalam setiap kali ujian belum mencapai KKM yang ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbasis masalah Open Ended terhadap kemampuan berpikir kritis siwa kelas XI SMA Negeri 8 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitiannya adalah kuasi eksperimen (eksperimen semu) dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 5 kelas sedangkan sampelnya adalah siswa kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 orang siswa dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dengan 20 orang siswa. Data hasil penelitian diperoleh melalui pre-test dan post-test dengan soal uraian pada pokok bahasan teori kinetik gas. Pengolahan data dilakukan melalui analisis statistik uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model problem based learning berbasis masalah Open Ended terhadap kemampuan berpikir kritis siwa kelas XI SMA Negeri 8 Banda Aceh.