MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DI MTSS LAM UJONG ACEH BESAR

Main Author: LINDA ANDALIA
Format:
Online Access: http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=71144
Daftar Isi:
  • Kemampuan penalaran matematis penting untuk menciptakan siswa yang dapatmenggunakan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari, serta dalamberbagai ilmu pengetahuan. Kondisi di sekolah saat ini memperlihatkan bahwa siswamasih mengalami kendala dalam menyelesaikan soal matematika yang berkaitandengan kemampuan penalaran matematis, yang akhirnya berdampak pada rendahnyahasil kemampuan tersebut. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaranmatematika sehingga dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.Model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu Problem Based Learning. Tujuanpenelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis sertaminat belajar siswa melalui model Problem Based Learning. Penelitian ini adalahpenelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat siklus yaitu perencanaan,pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 19 siswa kelas VIII-2MTsS Lam Ujong Aceh Besar. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu teskemampuan penalaran matematis, observasi aktivitas siswa, dan observasi aktivitasguru. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan pengamatan yang dianalisissecara kualitatif dan diuraikan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian yangdiperoleh yaitu 1) kemampuan penalaran matematis siswa pada siklus Imencapai ketuntasan klasikal sebesar 57,89% dan siklus II sebesar 63,16%.Selanjutnya di siklus III ketuntasan klasikal meningkat menjadi 73,68% dan di siklusIV meningkat lagi menjadi 84,21%. 2) Minat belajar siswa di seluruh siklus berada diatas 75%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaranmatematis dan minat belajar siswa meningkat melalui model Problem BasedLearning.Kata kunci: kemampuan penalaran matematis, minat belajar, Problem BasedLearning