KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA MELALUI METODE RESITASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 22 BANDA ACEH

Main Author: REDHA WAZANNAH FITRA
Format:
Terbitan: Fakultas KIP , 2019
Online Access: http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=62854
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFitra, Redha Wazannah. 2019. Kemampuan menyimak cerita melalui metode resitasi padasiswa kelas V SD Negeri 22 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru SekolahDasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas SyiahKuala.Pembimbing:(1) Drs. M. Yamin, M.Ed (2) Drs. Adnan, M.Pd Kata Kunci : Kemampuan Menyimak, Metode Resitasi Menyimak merupakan suatu hal yang sangat penting, dengan menyimak siswa dapatmemperoleh informasi yang disampaikan oleh orang lain. Keberhasilan siswa dalam kegiatanbelajar mengajar di sekolah banyak ditentukan oleh keterampilan menyimak. Sebagaimanadiketahui menyimak merupakan langkah awal yang dilakukan siswa terlebih dahulu. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana tingkat kemampuan menyimak cerita melalui metode resitasi pada siswa kelas V SD Negeri22 Banda Aceh? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menyimakcerita melalui metode resitasi pada siswa kelas V SD Negeri 22 Banda Aceh. Pendekatanpenelitian ini kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswakelas V SD Negeri 22 Banda Aceh, yaitu siswa kelas VB yang berjumlah 30 siswa. Teknikpengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes yang terdiri dari 20 soal berbentukpilihan ganda. Data yang diperoleh dari hasil tes kemudian dianalisis menggunakan table kategori kemampuan siswa, kemudian untuk menentukan persentase hasil dengan menggunakanrumus persentase. Rumus tersebut digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswakelas V SD Negeri 22 Banda Aceh dalam menyimak cerita melalui metode resitasi. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan menyimak cerita melalui metode resitasi pada siswa kelas V SD Negeri 22 Banda Aceh berada pada kategoribaik. Dari 30 siswa, terdapat 9 siswa (30%) berada pada kategori baik sekali, 11 siswa(36,3%) berada pada kategori baik, 7 siswa (23,3%) berada pada kategori cukup, 3 siswa(10%) berada pada kategori kurang dan tidak ada siswa yang berada pada kategori gagal.Diharapkan kepada guru agar memotivasi minat belajar siswa khususnya dalam menyimakdan diharapkan agar guru dapat menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan materiajar.
  • Banda Aceh