PENGEMBANGAN VIDEO INSTAGRAM (VIDGRAM) PADA MATERI PEMBUATAN KOLOID DI KELAS XI MAN 3 BANDA ACEH
Main Author: | NABILLA TSAMARAH |
---|---|
Format: | |
Terbitan: |
Fakultas KIP
, 2019
|
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=62030 |
Daftar Isi:
- Abstrak Telah dilakukan penelitian Pengembangan Video Instagram (Vidgram) pada Materi Pembuatan Koloid di Kelas XI MAN 3 Banda Aceh, dengan tujuan untuk mengetahui kelayakan vidgram, tanggapan guru dan siswa terhadap vidgram pada materi pembuatan koloid. Model pegembangan yang digunakan adalah model 4D (Difine, Design, Develop, dan Disseminate). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas XI MIPA 3 MAN 3 Banda Aceh yang berjumlah 20 orang, terdiri dari 13 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Instrumen pengumpulan data berupa lembar kelayakan vidgram, lembar angket respon guru dan respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan berupa kualitatif. Teknik analisis data secara kualitatif digunakan untuk menganalisis saran dari validator ahli, respon guru dan respon siswa. Hasil pengolahan dan analisis data terhadap kelayakan vidgram pada materi pembuatan koloid diperoleh sebesar 87,5%, tanggapan guru sebesar 100% dan tanggapan siswa sebesar 85,7%. Hal ini menunjukkan bahwa vidgram pada materi pembuatan koloid dapat digunakan sebagai pembelajaran di sekolah.Kata Kunci:, Vidgram, pembuatan koloid.
- Banda Aceh