KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG CAMPURAN DI KELAS IV SD NEGERI 54 BANDA ACEH

Main Author: NURLIA YUSFA
Format: Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=61128
Daftar Isi:
  • ABSTRAKYusfa, Nurlia. 2019. Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Campuran di Kelas IV SD Negeri 54 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:(1) Drs. Fauzi, M.Pd. (2) Drs. Adnan, M.Pd.Kata kunci: kemampuan siswa, operasi hitung campuran.Operasi hitung campuran adalah suatu operasi hitung matematika dimana dalam satu operasi hitung campuran terdiri dari beberapa macam operasi hitung yang berbeda -berbeda yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian ataupun pembagian. Operasi ini harus dikuasai oleh siswa karena selalu ditemui dalam kehidupan sehari -hari dan sebagai bekal dirinya dalam menempuh pendidikan selanjutnya maupun kehidupan di masa yang akan datang. Namun dalam kenyataannya di Sekolah Dasar masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal operasi hitung campuran dan banyak mengalami kesalahan. Adapun tujuan peneltian ini untuk mengetahui kemampuan siswa menyelesaikan soal operasi hitung campuran di kelas IV SD Negeri 54 Banda aceh.Untuk mendapatkan jawaban dari tujuan, penelitian ini menggunakanpendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian statistik deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 54 Banda Aceh dengan jumlah populasi 100 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 31 siswa di kelas IV-A. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes berupa 10 soal essay pembelajaran operasi hitung campuran. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji-t satu pihak yaitu pihak kanan. Hasil analisis data diperoleh = 2,97 dengan taraf signifikan ? = 0,05 diperoleh = = 1,70 hal ini menunjukkan bahwa > yaitu 2,97 > 1,70. Dengan demikian ditolak dan diterima, artinya hipotesis dalam penelitian ini menyatakan " kemampuan siswa menyelesaikan soal materi operasi hitung campuran kelas IV SD Negeri 54 Banda Aceh dapat mencapai hasil ketuntasan belajar", dapat diterima.
  • Banda Aceh