PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN KELAS IV SDN LIMO KABUPATEN ACEH BESAR

Main Author: Rita Maulidar
Format:
Terbitan: Fakultas FKIP , 2014
Online Access: http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=6050
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKata kunci:model kooperatif tipe Problem Based Instruction (PBI), hasil belajar, operasi hitung campuranSuatu kegiatan pembelajaran dapat membuat siswa aktif dan kreatif dalam mengkonstruksi ide-idenya melalui berbagai metode dan model pembelajaran untuk membentuk suatu pemahaman matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat menjawab tantangan tersebut adalah penerapan model kooperatif tipe Problem Based Instruction (PBI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Limo Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Instruction (PBI) pada materi operasi hitung campuran. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Limo Aceh Besar sebanyak 13 orang. Adapun prosedur pengumpulan data adalah melalui tes hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif (persentase) sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Penelitian ini berlangsung selama tiga tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Instruction (PBI) pada siswa kelas IV SD Limo pada materi operasi hitung campuran hasil belajarnya meningkat, yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I sebesar 69,23%, siklus II sebesar 76,92%, dan siklus III sebesar 96,29%.
  • Banda Aceh