SISTEM AKUNTANSI PEMBAYARAN AIR OLEH KONSUMEN PADA PDAM TIRTA DAROY KOTA BANDA ACEH

Main Author: RIZNA AMALIA
Format:
Online Access: http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=59696
Daftar Isi:
  • RINGKASANPerusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Daroy merupakan milik pemerintah Daerah yang bergerak ke sektor jasa, yang ditunjuk sebagai pengelola air minum untuk menyediakan air bersih bagi masyarakat. PDAM harus mampu memberikan kualitas pelayanan yang baik dan dukung oleh sarana prasarana yang baik. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) bertugas menyelenggarakan pengelolaan air bersih untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang mencakup aspek sosial, kesehatan dan pelayanan umum.Sistem pembayaran adalah sistem yang mencangkup seperangkat aturan, lembaga dan mekanisme yang digunakan untuk melaksanakan pemindahan dana guna memenuhi suatu kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi. Untuk kelancaran operasional PDAM di perlukan suatu sistem akuntansi pembayaran yang baik agar tidak timbul kendala maupun masalah dalam pembayaran rekening air yang harus di bayar.Pembayaran Tagihan air telah menjadi suatu kewajiban bagi para pelanggan PDAM untuk memperoleh air bersih setiap bulan. Setiap bulan pelanggan pasti akan melakukan pembayaran tagihan rekening air yang telah di pakai selama satu bulan. Pada saat pelanggan akan melakukan pembayaran rekening air bulanan, pelanggan dapat melakukan pembayaran rekening air melalui loket-loket pembayaran yang telah di sediakan. Prosedur pelaksanaan pembayaran tagihan rekening air bulanan pada PDAM Tirta Daroy Banda Aceh adalah sebagai berikut : (1) Pelanggan datang ke loket pembayaran yang telah di sediakan dengan menyerahkan rekening bulan lalu untuk mengetahui Nomor Pelanggan. (2) Bagian loket menginputkan nomor pelanggan yang tertera pada rekening bulan lalu. (3) Jika tidak ada tunggakan langsung dilakukan proses perhitungan pembayaran rekening air bulanan untuk bulan yang akan dibayar. (4) Setelah mengetahui berapa besar yang harus dibayar, pelanggan menyerahkan uang sebanyak jumlah tagihan kepada loket. (5) kemudian Loket mencetak rekening air baru dan melakukan pengecapan tanda lunas, lalu rekening bulan lalu dan rekening baru di serahkan kepada pelanggan tersebut sebagai bukti pembayaran.