KEMAMPUAN SISWA MEMBACA TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) DI KELAS V SDN 40 BANDA ACEH

Main Author: Nyan Sati
Format:
Terbitan: Fakultas KIP , 2019
Online Access: http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=57956
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSati, Nyan. 2019. Kemampuan Siswa Membaca Teks Deskripsi Menggunakan Metode Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review Di Kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1)Drs. Adnan, M.Pd., (2) Drs. M. Yamin., M.Ed.Kata kunci: kemampuan membaca, teks deskripsi, metode SQ3RDalam konteks membaca teks deskripsi, hal terpenting adalah kemampuan siswa memahami bacaan menggunakan metode pembelajaran SQ3R (survey, question, read, recite, review). Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kemampuan membaca teks deskripsi menggunakan metode SQ3R pada siswa kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca teks deskripsi menggunakan metode SQ3R pada siswa kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian statistik deskriptif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 40 Banda Aceh yang berjumlah 30 orang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes hasil belajar yang diberikan kepada siswa berdasarkan teks bacaan dengan langkah-langkah pembelajaran SQ3R, hasil penelitian dianasis menggunakan rumus persentase.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa observasi aktivitas belajar siswa rata-rata berada pada kategori baik. Kemampuan siswa membaca teks deskripsi menggunakan metode pembelajaran SQ3R memperoleh nilai rata-rata 81,66. Dilihat dari hasil persentase, siswa yang kemampuan membacanya terdapat pada kategori nilai sangat baik (86-100) sebanyak 14 orang (46,66%), siswa yang memperoleh nilai baik (75-85) sebanyak 10 orang (33,33%), siswa yang memperoleh nilai cukup (66-74) sebanyak 3 orang (10%), dan siswa yang memperoleh nilai kurang (
  • Banda Aceh