MENGATASI KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI LITERASI DI KELAS V SD NEGERI 29 BANDA ACEH
Main Author: | MAISARAH |
---|---|
Format: | |
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=57884 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Maisarah. 2019. Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal PemecahanMasalah Matematika Melalui Literasi di Kelas V SD Negeri 29 Banda Aceh.Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguaruan danIlmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Monawati, M.Pd ., (2) Drs. Fauzi, M.Pd. Kata Kunci: kesulitan siswa, pemecahan masalah matematika, literasi Dalam proses penyelesaian soal pemecahan masalah matematika sangatlah penting menerapkan literasi. Literasi dapat membantu siswa mengatasi kesulitan dalammenyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Penelitian ini dilakukan di SekolahDasar Negeri 29 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan caramengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematikamelalui literasi, (2) untuk mengetahui aktivitas siswa dalam mengatasi kesulitanmenyelesaikan soal pemecahan masalah matematika melalui literasi, dan (3) untukmengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal pemecahanmasalah matematika melalui literasi di kelas V SD Negeri 29 Banda Aceh. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VA SD Negeri 29 Banda Aceh yang berjumlah 34 orang siswa. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan jenisPenelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode penelitian pendekatan kualitatif,sehingga hasilnya nanti dapat dilihat dari keberhasilan siswa dalam belajar. Tahappenelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Pengumpulan data dalam penelitian inidilakukan dengan menggunakan lembar tes hasil belajar, lembar observasi aktivitassiswa, dan pedoman wawancara. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumuspersentase. Dari serangkaian proses penelitian yang dilakukan dan hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh dari siklus pertama adalah 62,4 siklus keduaadalah 66,2 dan siklus ketiga 85. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan literasidapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalahmatematika. Persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus pertama 68,6%, siklus kedua77,9%, dan siklus ketiga 89,3%. Berdasarkan hasil wawancara diperoleh bahwa denganpenerapan literasi dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika sangatmembantu siswa dan membuat siswa lebih mudah dalam menyelesaikan soal pemecahanmasalah matematika.