PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PENGGALANGAN DANA (FUNDRAISING) OLEH LEMBAGA AKSI CEPAT TANGGAP ACEH
Main Author: | GHAFFAR MAULANA |
---|---|
Format: | |
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=57616 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPenelitian ini berjudul Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Penggalangan Dana (Fundraising) Oleh Lembaga Aksi Cepat Tanggap Aceh.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara yang dilakukan oleh LembagaAksi Cepat Tanggap aceh dalam memanfaatkan kehadiran media sosial Instagramsebagai sarana penggalangan dana, serta mengetahui pengelolaan dan kendalayang dihadapi oleh Lembaga Aksi Cepat Tanggap Aceh dalam memanfaatkanmedia sosial Instagram. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialahpendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Alat pengumpulan data padapenelitian ini berupa wawancara semi terstruktur, observasi, dan studidokumentasi. Subjek informan dalam penelitian mengambil teknik purposivesampling. Teori yang digunakan sebagai pondasi dalam penelitian ini adalah TeoriEkologi Media. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggalangan danayang dilakukan oleh Lembaga Aksi Cepat Tanggap Aceh dengan menggukanmedia sosial Instagram menghasilkan respon yang postif dari masyarakat dansetiap tahunnya mengalami peningkatan.penelitian ini menunjukkan pengelolaanyang dilakukan oleh Lembaga Aksi Cepat Tanggap Aceh dengan mempostingkonten berupa foto, video, dan caption yang diunggah kelaman Instagram@Act_Aceh. Konten yang diposting berupa bencana bencana yang sedang terjadimaupun ajakkan untuk berdonasi untuk masyarakat yang membutuhkanpertolongan Kata Kunci: Media Sosial, Instagram, sarana, Lembaga Aksi Cepat TanggapAceh, penggalangan dana, Teori Ekologi Media xiii ABSTRACT This research is titled The Use of Instagram Social Media as a Fundraising Facility by the Aksi Cepat Tanggap Aceh Institute. This study aims to find outthe ways in which the Quick Action Action Agency in Aceh is taking advantageof Instagram's social media presence as a means of raising funds, and knowing themanagement and obstacles faced by the Aksi Cepat Tanggap Aceh Institute inusing Instagram social media. The approach used in this study is a qualitativeapproach with descriptive methods. Data collection tools in this study are semistructuredinterviews,observations,anddocumentationstudies.Thesubjectoftheinformantin the study took a purposive sampling technique. The theory used asthe foundation in this study is the Media Ecology Theory. The results of this studyindicate that fundraising carried out by the Aceh Response Rapid Action Instituteby using Instagram social media produced a positive response from thecommunity and every year has increased. This study shows the managementcarried out by Aceh Aksi Cepat Tanggap Institute by posting content in the formof photos , videos, and captions uploaded to Instagram @Act_Aceh. The contentposted is in the form of a disaster that is occurring or encouraging donations forpeople who need help Keywords: Social Media, Instagram, facilities, Aceh Quick Response ActionInstitute, fundraising, Media Ecology Theory xiv