UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE NHT DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 MILA KABUPATEN PIDIE

Main Author: Yusmiati
Format: Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=5759
Daftar Isi:
  • Pembelajaran Kooperatif adalah pembelajaran yang lebih menekankan pada kegiatan belajar kelompok, sedangkan model pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) adalah cara yang efektif untuk mengamati suasana diskusi kelas melalui empat langkah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)mengetahui aktifitas guru dan siswa melalui penerapan metode kooperatif tipe NHT dalam kegiatan belajar mengajar. (2) mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran fisika melalui metode kooperatif tipe NHT. (3) mengetahui respon siswa terhadap penerapan metode kooperatif tipe NHT. (4) mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa dengan metode kooperatif tipe NHT. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII_2 semester 2 tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan,observasi, dan refleksi.Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, kemampuan guru dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, aktivitas siswa dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, dan data tentang refleksi siswa terhadap pembelajaran yang diambil dari angket pada setiap akhir pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa: Penerapan pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa kelas VIII_2 semester 2 SMP Negeri 1 Mila Kabupaten Pidie pada materi cahaya, ditunjukkan oleh peningkatan rata-rata nilai tes akhir siswa dari 55,0 pada siklus I menjadi 65,4 pada siklus II, dan meningkat 71,8 pada siklus III, dan ketuntasan belajar siswa meningkat dari 60,71% pada siklus I menjadi 71,4 % pada siklus II, dan meningkat 82,14% pada siklus III.
  • Banda Aceh