PERKEMBANGAN UPAYA GURU MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP
Main Author: | SITI RAHMAH |
---|---|
Format: | |
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=55931 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSiti Rahmah (2018). Perkembangan Upaya Guru Menerapkan Problem BasedLearning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMPBerbagai upaya yang telah dilakukan guru terhadap siswa terkait penalaranmatematis, namun ketercapaian indikator belum semuanya terpenuhi. Beberapamodel dapat mengatasi persoalan tersebut salah satunya adalah model ProblemBased Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembanganupaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematissiswa dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswamelalui model Problem Based Learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakankelas yang terdiri dua siklus. Subjek penelitian yaitu 28 siswa kelas VII SMP.Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi upaya guru dan tes kemampuanpenalaran matematis. Data y ang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan diuraikandalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian ditemukan bahwa terjadi peningkatansecara baik upaya yang dilakukan guru dari 3,45 menjadi 3,96 pada siklus II, danterjadi peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui upaya gurumenerapkan model Problem Based Learning pada siswa SMPN 2 Siantan KabupatenKepulauan Anambas.Kata kunci: Kemampuan P enalaran Matematika, Problem Based Learning,UpayaGuru