PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE DEMONSTRATION DENGAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 1 SERUWAY KABUPATEN ACEH TAMIANG

Main Author: Lina Tusyifa
Format:
Terbitan: Fakultas KIP , 2019
Online Access: http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=54595
Daftar Isi:
  • ABSTRAKTusyifa, Lina. 2019. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Demonstration dengan Examples Non Examples Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA Negeri 1 Seruway Kabupaten Aceh Tamiang. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:(1)Drs. Thamrin K, M.Si., (2) Drs. Abdul Wahab Abdi, M.SiKata Kunci: perbandingan, hasil belajar, Examples Non Examples, Demonstration, geografiModel pembelajaran merupakan rancangan dasar bagi seorang guru tentang cara melaksanakan pembelajaran secara bertanggung jawab. Penggunaan model pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan partisipasi siswa selama pembelajaran sehingga hasil belajar menjadi optimal. Adapun beberapa model pembelajaran yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran ialah model Demonstration dan Examples Non Examples. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran tipe Demonstration lebih baik dibandingkan dengan Examples Non Examples pada mata pelajaran geografi kelas XI SMA Negeri 1 Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran tipe Demonstration lebih baik dibandingkan dengan Examples Non Examples pada mata pelajaran geografi kelas XI SMA Negeri 1 Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 72 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, diambil hanya siswa kelas XI IS-1 sebanyak 27 orang dan XI IS-2 sebanyak 22 orang. Teknik pengumpulan data barupa pemberian test kepada siswa, yaitu pre-test dan post-test. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji-t. Hasil pengolahan data penelitian diperoleh thitung = 0,03 dan diperoleh ttabel = 1,68 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 47, artinya thitung < ttabel sehingga Ha ditolak dan H0 diterima. Simpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas eksperimen I yang diajarkan dengan model pembelajaran Demosntration tidak lebih baik atau sama dengan hasil belajar siswa kelas eksperimen II yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang.
  • Banda Aceh